Penggantian Kartu ATM Magnetic Stripe ke Chip

Penggantian Kartu ATM magnetic stripe ke Chip – Sebagai upaya meningkatkan keamanan dana nasabah di bank, Bank Indonesia (BI) menetapkannya dalam Surat Edaran Bank Indonesia No.17/52/DKSP tentang Implementasi Standar Nasional Teknologi Chip dan Penggunaan Personal Identification Number Online 6 (Enam) Digit untuk Kartu ATM dan/atau Kartu Debet yang Diterbitkan di Indonesia.

Semua pihak Bank baik BUMN maupun swasta diwajibkan untuk melakukan perubahan kartu ATM yang masih manggunakan Magnetic Stripe ke Chip.  Hal ini dikarenakan mulai tahun 2022 kartu ATM berbasis magnetic stripe tidak bisa lagi digunakan karena akan diblokir oleh pihak Bank.

Persyaratan Mengganti Kartu ATM Magnetic Stripe ke Chip

Setiap Bank memiliki persyaratan dan jadwal masing – masing dalam mengganti kartu ATM Magnetik ke Chip. Berikut syarat dari masing – masing Bank :

1. Bank Central Asia

Terhitung tanggal 31 Desember 2021, BCA akan memblokir penggunaan kartu ATM berbasis strip magnetik. Bank Central Asia memberi tenggang waktu kepada para nasabah untuk melakukan penggantian kartu untuk menghindari pemblokiran dan menjaga keamanan bertransaksi.

Caranya adalah dengan mengunjungi kantor cabang terdekat melalui layanan customer service atau mesin CS digital.  CS digital adalah mesin layanan untuk nasabah yang ingin melakukan transaksi perbankan secara independen atau self service. Penukaran kartu ATM BCA juga bisa dilakukan di layanan customer service di kantor cabang BCA di seluruh Indonesia.

Syarat yang diperlukan oleh nasabah untuk ganti kartu ATM menjadi chip adalah dengan membawa Buku tabungan serta kartu ATM lamadan karti identitas diri (KTP).

2. Bank Negara Indonesia

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memiliki tenggat waktu penggantian paling lambat 30 November 2021, nasabah pemilik kartu debit hanya dapat menggunakan kartu debit chip pada saat bertransaksi melalui mesin ATM. Proses penukaran kartu ini sudah dilakukan edukasi kepada nasabah secara terus menerus, baik melalui website resmi maupun media sosial.

Penggantian kartu debit magnetic dapat dilakukan melalui BNI Digi CS, atau dengan mengunjungi Kantor cabang BNI terdekat.

Syaratnya yaitu cukup membawa Kartu tanda pengenal dan Kartu debit yang lama atau buku tabungan. Bagi nasabah yang sudah melakukan pengganti kartu debit magnetic stripe-nya menjadi kartu debit chip dapat menikmati cashback atas transaksi pertama di kartu debit BNI.

Read More Cara Cek Nomor Rekening BNI Tanpa Buku Tabungan

3. Bank Mandiri

Nasabah Bank Mandiri sebaiknya mengganti kartu atm menjadi chip secepatnya karena bank akan melakukan pemblokiran untuk kartu debit yang tanggal kadaluarsanya 2026-2030 per 1 Juli 2021. Nasabah Mandiri debit magnetic stripe secara otomatis akan terblokir secara permanen dan tidak bisa digunakan untuk bertransaksi apapun termasuk penggantian password log in Mandiri online.

Segera lakukan penggantian kartu ATM lama dengan yang baru, karena tidak akan dikenakan biaya apapun. Dokumen yang diperlukan, yaitu KTP untuk WNI atau paspor bagi WNA/non-residen, serta kartu ATM lama.

 

 

 

You May Also Like

About the Author: Bella Chandra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.