Manfaat Kurs Mata Uang Bagi Bisnis

Manfaat Kurs Mata Uang Bagi Bisnis  – Kata “Kurs” mungkin tidak lagi asing lagi bagi kita. Namun, dalam penerapannya masih banyak yang belum mengetahui pengertian kurs dan pengaruhnya dalam menjalankan bisnis. Kurs mata uang pada dasarnya adalah nilai tukar, yaitu nilai tukar antara dua mata uang yang berbeda.

Kata Kurs mungkin tidak lagi asing bagi kita, namun dalam penerapannya sering kali kita belum mengerti manfaatnya bagi bisnis.  Karena Kurs Mata uang menjadi patokan penting oleh seorang pembisnis atau pengusaha dalam menjalankan bisnisnya.

Manfaat Kurs Mata Uang Bagi Bisnis

Dalam dunia bisnis, kurs mempunyai peranan penting untuk mengukur nilai mata uang dengan negara lain. Sehingga perubahan nilai pada kurs tentu akan berpengaruh terhadap bisnis yang berkaitan dengan perdagangan internasional (ekspor-impor) yang melibatkan mata uang asing.

Ada beberapa pengaruh kurs terhadap bisnis :

Pengaruh Terhadap Importir

Ketika manjalani bisnis dibidang penjualan produk yang mengharuskan anda mengimpor bahan baku dari luar negeri, nilai kurs akan menentukan keuntungan yang Anda dapatkan. Jika nilai tukar terhadap mata uang asing yang umumnya dollar memiliki kenaikan, maka perusaan biasanya akan menaikan harga produk untuk mengantisipasi kerugian. Karena perusahaan mengeluarkan modal yang lebih banyak untuk mengimpor suatu barang.

Pengaruh Terhadap Eksportir

Pada kegiatan ekspor,  perubahan nilai tukar lebih sering menguntungkan bagi pebisnis. Nilai tukar dollar yang sering menguat menyebabkan harga jual produk yang di ekspor keluar negeri terjual dengan harga tinggi karena nilai tukar semakin tinggi dalam mata uang indonesia, sehingga lenih menguntukan karna konsumen membayar dengan mata uang dolar.

Baca juga Cara Cek Nomor Rekening BNI Tanpa Buku Tabungan

Pengaruh Terhadap Hutang Piutang

Kurs juga mempunyai peran penting dalam hal utang piutang luar negri. Sebaiknya bagi pebisnis muda menghindari utang piutang dengan luar negeri, karena jika nilai tukar rupiah terus melemah terhadap mata uang asing, pengusaha akan dirugikan karena nilai utangnya akan semakin tinggi juga.

 

You May Also Like

About the Author: Bella Chandra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.