Investasi, Trend Masa Kini Anak Muda

Investasi, Trend Masa Kini Anak Muda – Investasi telah menjadi Trend bagi anak muda Era Millenial ini, namun tahukah kamu investasi bukan hanya sebuah trend, investasi sejak dini bertujuan menjaga kesehatan keuangan kamu di masa mendatang. Kamu sudah bisa mulai memikirkan investasi keuangan yang dapat kamu lakukan untuk jangka waktu pendek maupun panjang.

Investasi

Investasi sendiri merupakan kegiatan menanamkan sejumlah modal dengan harapan bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan dengan nilai yang lebih tinggi di masa mendatang dari nilai yang di miliki saat ini.  Karena memiliki keuntungan yang lebih, maka resikonya juga lebih besar. Namun untuk investor yang cenderung hati – hati, sekarang ini banyak jenis investasi yang memiliki tingkat resiko yang lebih rendah.

Investasi bisa kamu lakukan meskipun hanya dengan modal yang terbatas, pahami dulu jenis investasi seperti apa yang kamu inginkan, dan pilihlah jenis investasi yang sesuai dengan budget, tujuan dan profil risiko investasi kamu. Berikut beberapa jenis Investasi yang cocok untuk kaula muda :

Investasi Reksadana

Reksadana selalu menjadi opsi utama untuk para investor pemula, hal ini dikarenakan reksadana memiliki modal awal yang cenderung kecil, jadi sangat minim resiko. Bahkan hanya dengan Rp 100.000 kamu sudah bisa melakukan investasi. Dana yang telah kamu investasikan nantinya akan dikelola oleh manajer investasi, jadi kamu hanya tinggal menunggu dengan aman dan tenang hasil keuntungan dari investasi yang kamu lakukan.

Investasi Beli Saham

Jenis Investasi Beli saham memiliki sistem yang sedikit rumit dalam cara bermainnya. Namun Jika kamu memiliki jiwa belajar yang tinggi dengan mental yang kuat, kamu bisa mencoba invesati jenis ini. Saham bisa menjadi media yang sangat efektif dan memiliki return atau imbal hasil yang besar. Kamu bisa meminimalisir risiko-risiko dalam investasi saham dengan cara membaca dan mempelajari prospektus perusahaan atau dengan meminta saran analis saham

Memulai investasi saham memiliki modal yang besar, kamu bisa menanam modal dengan dana sebesar Rp 1.000.000. dana ini diperlukan untuk membuka rekening di perusahaan sekuritas dan membeli saham perdana (minimal sebanyak 1 lot). Harga untuk 1 Lot saham tergantung dihari kamu berinvestasi, karena setiap harinya harga saham bisa berubah – ubah.

Investasi Emas

Bagi kamu yang tidak suka ribet jenis investasi emas bisa kamu lakukan, terutama emas batangan. Investasi jenis emas memiliki resiko yang tidak terlalu besar dan jangka waktu investasi sangat fleksibel sesuai dengan keinginan kita sendiri. Kelebihan dan daya tarik lainnya adalah nilai emas yang tidak akan tergerus inflasi. Jika pun mengalami penurunan, kondisi tersebut tidak akan berlangsung lama dan harga emas akan kembali naik secara bertahap.

Saat ini, kemajuan teknologi di bidang keuangan juga bertumbuh dengan pesat, hal ini membuat semakin mudah dalam berinvestasi emas. saya sangat menyarankan untuk membeli emas digital karena selain lebih aman karena tak perlu menyimpan secara fisik, juga lebih mudah dilakukan. Beberapa e-commerce sudah menyediakan investasi emas digital. Kamu bisa berinvestasi dari mulai harga terendah sekalipun.

Investasi Asuransi

Investasi asuransi merupakan investasi jangka panjang. Asuransi merupakan investasi pribadi seperti asuransi kesehatan dan pendidikan. Dalam kesehatan misalnya, jika dimasa depan kamu memiliki masalah kesehatan dan membutuhkan biaya perawatan yang besar, asuransi menjadi salah satu bantuan finansial ketika membayar tagihan biaya rumah sakit tersebut tanpa harus mengorek kantong Anda dalam – dalam.

Investasi Properti

Secara garis besar, kamu bisa mendapatkan imbal hasil dari sektor properti dengan 2 cara.

  • Pertama, kamu mendapatkan pendapatan sewa dengan cara menyewakan properti kepada orang lain.
  • Kedua, kamu bisa menunggu sampai harga properti meningkat dan menjualnya agar bisa mendapatkan keuntungan.

You May Also Like

About the Author: Bella Chandra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *