Cara Sharing Printer Termudah Lewat Jaringan LAN Atau WIFI

Diposting pada

JavaTekno.com – Cara Sharing Printer Termudah Lewat Jaringan LAN Atau WIFI. Dengan semakin canggihnya dunia teknologi melakukan apa saja memang dapat kita lakukan dengan mudah. Termasuk kalau kita ingin melakukan sharing printer. Sharing printer ini merupakan salah satu manfaat juga dari adanya jaringan komputer. Selain nantinya Anda bisa melakukan penghematan pengeluaran, pemanfaatan fitur sharing printer ini juga akan dapat menghemat waktu.

Dengan cara sharing printer, Anda juga tak perlu bolak – balik lagi dalam melakukan pencetakan dokumen. Cukup Anda sediakan satu printer dan kita cukup duduk di depan komputer untuk melakukan print. Bagaimana cara sharing printer yang dapat dilakukan?

Cara Sharing Printer Termudah Lewat Jaringan LAN Atau WIFI

Cara Sharing Printer Termudah Lewat Jaringan LAN Atau WIFI

Cara sharing printer terbaru yang kini juga dapat kita manfaatkan adalah dengan menggunakan akses Wifi atau LAN. Yang paling penting dalam penerapan cara sharing printer ini adalah pada setiap komputer harus bisa terhubung dengan baik pada komputer yang sudah terkoneksi dengan printer.

Mengenai tahapan – tahapan sebagai langkah cara sharing printer diantaranya :

1. Aktifkan fitur file and printer sharing

Ini memang merupakan langkah pertama yang Anda perlu terapkan. Setelah nantinya Anda selesai untuk mengaktifkan fitur file and printer sharing Anda bisa secara langsung melakukan printer sharing. Caranya yaitu untuk masih butuh bantuan, bisa langsung ikuti langkah – langkah yang kami berikan berikut ini yaitu :

  • Pertama Anda klik saja start button kemudian Anda pilih devices and printers.
  • Kemudian nantinya juga akan terbuka windows devices and printers. Pada area window ini juga kita akan bisa melihat hardware apa saja yang terhubung dengan komputer dan salah satunya adalah printer. Anda langsung bisa tentukan mana yang ingin Anda sharing kemudian bisa klik kanan pada printer ini dan pilih printer properties.
  • Setelah itu akan terbuka windows devices and printers. Pada bagian window ini nantinya kita bisa melihat hardware apa saja yang terhubung dengan komputer dan salah satunya adalah printer. Anda kemudian bisa tentukan printer mana yang ingin kita sharing. Klik kanan pada printer dan pilih printer properties.
  • Akan terbuka windows printer properties dan pilih tab sharing pada windows ini. Kemudian bisa Anda beri tanda checkbox pada opsi share this printer. Nantinya kita juga bisa beri nama sesuai keinginan dan pilih apply dan ok.

2. Ketika printer siap sharing

Kalau printer Anda memang sudah siap sharing dan siap digunakan oleh komputer lain yang terhubung baru Anda bisa mengakses printer ini. Bagaimana caranya?

Cara sharing printer yang pertama yaitu :

  • Kita coba akses melalui windows explorer. Pada bagian address bar ini nantinya dapat coba Anda ketikan IP Address komputer yang bisa melakukan sharing tadi. Contoh format pada penulisan di address bar yaitu 192.168.10.10 dan tanpa tanda petik. IP Address ini bisa disesuaikan dengan jaringan masing – masing.
  • Kemudian akan terlihat apa saja yang tadi telah disharing oleh komputer dan salah satunya adalah printer. Pada printer ini klik kanan dan pilih connect kemudian tunggu beberapa saat sampai proses connecting selesai.
  • Kalau sudah selesai dan komputer sudah bisa mengakses printer yang disharing tadi kita bisa tes cetak sebuah dokumen dan biasanya akan diberikan opsi untuk memilih printer mana yang akan digunakan.

Itulah sedikit informasinya untuk Anda tentang Cara Sharing Printer Termudah Lewat Jaringan LAN Atau WIFI . Semoga menjadi informasi yang bermanfaat.

 

Comments

comments