Cara Menghilangkan Virus Shortcut Paling Ampuh

Diposting pada

JavaTekno.com – Cara Menghilangkan Virus Shortcut Paling Ampuh. Pernah mengalami masalah dimana data Anda yang berupa file atau folder kemudian hilang dan berganti sebuah shortcut? Bagi Anda yang mengalami masalah semacam ini kemungkinan besar komputer atau bahkan flashdisk Anda terserang dengan virus shortcut.

sejak dulu sampai saat ini virus shortcut memang kerapkali muncul dan mengganggu. Siapa saja tentu juga akan semakin bingung tentang bagaimana cara yang tepat dalam mengatasinya.

Ketika virus shortcut muncul sebenarnya juga ada beberapa cara menghilangkan virus shortcut yang Anda perlu tahu. Anda bisa simak informasi demi informasi yang kami berikan di bawah ini tentang seperti apa cara dan langkah yang paling tepat dalam menghilangkan virus shortcut. Anda cek informasinya di bawah ini ya!

Cara Menghilangkan Virus Shortcut Paling Ampuh

Cara Menghilangkan Virus Shortcut

Kali ini kita memang akan bahas tentang seperti apa cara menghilangkan virus shortcut secara tepat supaya nantinya virus yang semacam ini tidak akan datang mengganggu lagi. Akan tetapi sebelum kita membahas ini ada baiknya kita cari tahu dulu apa saja sih yang menjadi ciri – ciri dari virus shortcut. Anda bisa cek dan simak informasinya di bawah ini!

Ada beberapa ciri – ciri dari virus shortcut diantaranya :

  • Ketika sudah menginfeksi komputer Anda, dia akan membuat file induk dengan nama database.mdb yang berada di folder MyDocuments.
  • Virus ini nantinya akan dapat membuat file autorun.inf pada setiap drive dan folder Anda. Dan biasanya akan menginfeksi komputer dari sebuah flashdisk.
  • Virus ini juga akan membuat file thumb.db.
  • Dalam rangka menjebak si korban, nantinya virus ini juga akan membuat file microsoft.ink dan juga extensi.ink disetiap folder drive. Dan kalau nantinya Anda coba dalam rangka mengklik file yang ada tersebut maka akan secara langsung mengaktifkan virus tersebut.
  • Periksa juga pada task manager Anda. Jika kedapatan terdapat file wscript.exe yang berjalan bebas pada area system Anda bisa langsung saja Anda matikan karena didalam kondisi normal tidak ada file wscript.exe.

Kalau sudah bisa membedakan mana virus shortcut dan mana yang bukan, jika memang virus yang datang benar virus shortcut beberapa cara menghilangkan virus shortcut yang dapat Anda terapkan diantaranya :

  • Pertama – tama Anda bisa langsung colokkan flashdisk pada komputer dan langsung Anda buka flashdisk tersebut.
  • Kemudian juga bisa langsung dengan Anda klik organize dan klik juga pada file folder dan search options.
  • Aktifkan juga show hidden files, folders and drives lalu bisa Anda uncheck pada bagian hide protected operating system files (recommended). Jika memang muncul sebuah notice bisa langsung Anda klik yes.
  • Biasanya sampai disini folder yang telah disembunyikan oleh virus sudah kembali muncul. Hanya saja masih ada status semi hidden.
  • Agar nantinya Anda bisa menormalkannya kembali, Anda bisa juga untuk buka CMD (Command Prompt) setelah terbuka ketika lokasi dimana Flashdisk berada misalkan pada Drive H berarti bisa Anda ketik H. Kemudian ketikkan attrib –s –r –h/s/d/ di CMD seperti gambar di bawah ini kemudian bisa Anda tekan enter.

Baca Juga :

Demikian sedikit informasinya untuk Anda tentang cara menghilangkan virus shortcut. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat dan menginspirasi Anda. Kalau memiliki ciri – ciri virus shortcut di komputer Anda bisa langsung Anda tangani dengan langkah – langkah diatas.

 

Comments

comments